Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Selasa, 26 Juni 2012

Resep Makanan Ringan Untuk Dijual

Jika Anda ingin membuka usaha dalam dunia kuliner, seperti membuat makanan ringan untuk dijual, Anda harus menemukan dan mengolah resep makanan ringan yang tepat. Mengapa pemilihan resep menjadi salah satu poin penting yang harus dipenuhi? Tentu saja agar konsumen dari makanan ringan yang telah kita buat merasa puas akan produk kita. Selain konsumen merasa untung, sebagai penjual kita juga harus mendapatkan keuntungan. Baik keuntungan secara materi maupun moral. Karena semakin maraknya makanan-makanan ringan kemasan yang dijual disekitar kita, sebagai pembeli Anda harus bisa berpikir kreatif. Anda harus bisa mendapatkan atau menciptakan resep makanan ringan yang dapat diolah dengan mudah, tetapi mendapatkan keuntungan maksimal. Silahkan simak beberapa poin yang bisa Anda penuhi untuk menemukan resep dan produk yang tepat untuk dijual.


Aneka makanan ringan kemasan
Makanan Ringan (Snack) Kemasan


  • Inovasi Pada Resep Makanan Ringan


Mengapa inovasi ini sangat penting? Karena bila makanan ringan yang Anda ciptakan tidak memiliki sesuatu yang berbeda, contohnya seperti pada penampilan dan rasa, maka kemungkinan besar pembeli/konsumen kurang tertarik pada produk Anda. Konsumen akan berpikir bahwa produk makanan ringan Anda hanya seperti produk-produk biasa. Sebisa mungkin, Anda harus bisa menciptakan resep makanan ringan yang memiliki inovasi dari Anda. Bagaimana caranya? "Think out of the box", berpikir diluar kotak. Anda harus berpikir dan menemukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Pikirkan sesuatu yang ada diluar pikiran Anda, sesuatu yang tidak terpikirkan juga oleh orang-orang lain, lalu terapkan pada produk Anda. Bila Anda berhasil menciptakan sebuah inovasi, kemungkinan besar pembeli/konsumen datang membanjiri Anda.



  • Target Pasar


Anda harus bisa menentukan target pasar yang akan diambil. Beberapa pertanyaan berikut yang mungkin berguna bagi Anda untuk bisa menemukan target pasar akan produk makanan ringan Anda:

  1. Untuk kalangan/siapa saja produk saya?
  2. Apa yang pembeli harapkan dari produk saya?
  3. Dimana saja target pemasaran produk saya?
  4. Kapan produk saya bisa dibanjiri oleh pembeli?
  5. Mengapa produk saya bisa menjadi andalan konsumen?
  6. Bagaimana cara produk saya bisa menembus berbagai pasar dan wilayah?


5W+1H (Who, What, Where, When, Why, and Howi). Dari ke-enam pertanyaan ini bisa Anda kembangkan lagi untuk menemukan kunci sukses dalam target produk Anda.


  • Kualitas Makanan Ringan


Kualitas dari makanan ringan juga perlu kita perhatikan. Tidak hanya lezat, makanan ringan yang akan kita ciptakan juga harus menyehatkan. Anda perlu menemukan resep makanan ringan yang memiliki bahan-bahan yang tidak berbahaya. Jadi, konsumen bisa terus membeli produk Anda, dan Anda terbebas dari komplain akan masalah kesehatan. Contoh dari masalah kesehatan yang dialami oleh konsumen adalah batuk dan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh makanan ringan yang dikonsumsi.


  • Pembeli Adalah Raja


Maksudnya disini adalah apa yang kita beri, sesuai dengan yang kita peroleh. Begitu juga untuk pembeli atau konsumen kita. Jadi, Anda harus memiliki makanan ringan yang sesuai dengan keinginan pembeli. Pembeli pasti menginginkan harga yang murah, namun dengan produk yang berkualitas. Jadi, Anda harus berpikir sebagai seorang pembeli, namun dengan memperoleh keuntungan yang maksimal.


Keripik pisang rasa cokelat manis
Keripik Pisang Cokelat


  • Resep Makanan Ringan yang Cocok Untuk Dijual


Berikut ini adalah resep-resep makanan ringan yang bisa Anda pertimbangkan untuk diolah dan dijual:

  1. Resep Keripik Tempe
  2. Resep Keripik Pisang Cokelat
  3. Resep Kentang Goreng Renyah (French Fries)
  4. Resep Keripik Singkong Pedas
  5. Resep Singkong Keju Susu
  6. Resep Keripik Kentang Keju


Itu dia beberapa poin dan Resep Makanan Ringan Untuk Dijual yang dapat Anda gunakan. Ingat, semakin banyak konsumen, maka semakin banyak keuntungan yang Anda peroleh. Jadi, ciptakan produk yang tepat untuk konsumen. Selamat menggali dan menemukan resep makanan ringan yang tepat!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 21.00