Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Senin, 10 Desember 2012

Resep Kue Ape Serabi Jakarta Enak

Anda pernah jalan-jalan ke Jakarta dan pernah mencicipi Kue Ape, tetapi bingung ingin membuatnya? Jangan khawatir, dengan Resep Kue Ape kali ini, Anda bisa membuat jajanan khas kota Jakarta ini dengan mudah dan sederhana! Bentuk makanan ringan ini mirip seperti Kue Pancake. Camilan ini sering dijual oleh abang-abang penjual makanan di sekitar sekolah. Dengan hanya merogoh kocek yang terbilang cukup murah, Anda bisa menikmati Kue Serabi khas Ibu Kota. Rasanya yang nikmat serta lezat, melahapnya satu masih terasa kurang di lidah. Nah, sudah tak sabar ingin segera membuatnya di rumah? Ayo, segera persiapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan!


Resep Kue Ape Serabi Jakarta
Kue Ape


Bahan Resep Kue Ape



  • ¼ sendok teh soda kue
  • ¼ sendok teh vanili atau pasta pandan
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 100 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 600 ml santan panas
  • Irisan pisang raja, meises, atau keju parut, sebagai bahan taburan (pilih sesuai selera)


Cara Membuat Kue Pepe atau Serabi Jakarta



  1. Pertama-tama, campurkan seluruh bahan-bahan kering untuk membuat kue.
  2. Tambahkan ½ bagian santan panas atau sekitar 300 ml, aduk merata kemudian adonan dipukul-pukul hingga menjadi adonan yang lembut atau halus.
  3. Tambahkan santan yang tersisa, lalu aduk merata.
  4. Tambahkan pewarna hijau (opsional bila Anda menginginkannya).
  5. Siapkan wajan, panaskan wajan Serabi yang telah diolesi dengan sedikit mentega.
  6. Tuang sekitar 1 sendok sayur adonan Kue Ape, kemudian goyang melingkar wajan supaya adonan bisa melebar ke samping, kemudian ditutup.
  7. Tambahkan bahan taburan sesuai dengan keinginan Anda. Tunggu hingga bagian pinggiran kue Serabi sedikit kering, kemudian angkat.
  8. Sajikan selagi hangat.


Cukup mudah bukan dalam membuat camilan khas kota Jakarta yang istimewa ini? Anda bisa menjadikan Resep Kue Ape ini sebagai panduan utama dalam membuatnya. Modifikasi dan kreasikanlah resepnya sesuai dengan selera serta kreatifitas Anda. Cocok menyantapnya ketika malam hari bersama dengan teman-teman atau anggota keluarga. Cicipi juga Kue Talam ketan pada tulisan sebelumnya. Semoga dengan resep makanan ringan ini, rasa rindu Anda terhadap jajanan khas ini bisa terobati. Selamat mencoba dan selamat menikmati olahan dari Resep Serabi Jakarta ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 16.40