Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Selasa, 11 Desember 2012

Resep Kue Serabi Solo Notosuman Enak Gurih

Pernah berwisata bersama dengan keluarga di Solo, Jawa Tengah? Pernah mencicipi Kue Serabi Notosuman? Ya, makanan ringan khas Solo ini memang sangat terkenal di daerah Notokusuman. Bila Anda berniat ingin membuatnya, Resep Kue Serabi Solo Notosuman ini bisa menjadi salah satu panduan Anda untuk membuatnya. Serabi Notosuman sudah terkenal sejak lama dari tahun 1923. Sudah turun temurun dan antar generasi jajanan khas kota Solo ini masih tetap hidup dan berkembang. Terbuat dari beragam bahan-bahan yang sederhana, Kue Serabi ini sangat cocok untuk disantap bersama dengan kerabat Anda. Bila Anda ingin membelinya secara langsung, Anda perlu sedikit merogoh kocek lebih dalam untuk memilikinya. Tentunya, harganya sebanding dengan rasa dan kualitasnya. Nah, bila Anda penasaran ingin membuat camilan ini di rumah, silakan simak resep makanan ringan ini dan persiapkan segala alat dan bahan yang dibutuhkan!


Resep Serabi Solo Notosuman yang khas dan enak
Kue Serabi Solo Notosuman


Bahan Resep Kue Serabi Solo Notosuman



  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 100 cc air pandan
  • 250 gram gula cair
  • 500 gram tepung beras
  • 600 cc air matang
  • 750 ml santan kental matang
  • Topping sesuai dengan selera


Cara Membuat Kue Serabi Solo Notosuman



  1. Pertama-tama, masukkan tepung beras ke dalam baskom, lalu masukkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga kental.
  2. Masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya, aduk hingga merata, diamkan selama sekitar 45 menit. Campuran bahan-bahan ini adalah adonan utama.
  3. Siapkan cetakan, panaskan cetakan di atas api, olesi permukaan cetakan dengan minyak goreng.
  4. Bila adonan utama telah selesai didiamkan selama 45 menit, berarti adonan utama telah siap untuk digunakan sebagai bahan utama pembuat Serabi.
  5. Masukka kira-kira 1 sendok sayur besar adonan kue sambil ditekan pada daerah tengahnya agar dapat menghasilkan bagian luar atau pinggiran yang tipis.
  6. Ketika adonan kue sudah setengah matang, tuangkan santan kental matang sebanyak 1 sendok sayur kecil, lalu tutup.
  7. Apabila Anda ingin memberikan topping pada Kue Serabi, buka penutup cetakan, lalu taburkan topping, tutup kembali cetakan. Tunggu hingga matang.
  8. Apabila pada bagian pinggiran kue yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan, itu menandakan bahwa Kue Serabi Notosuman sudah matang.
  9. Keluarkan dari cetakan, sajikan selagi masih hangat.


Resep Kue Serabi Solo Notosuman mungkin berbeda dari aslinya. Memang proses pembuatannya terbilang memakan waktu yang cukup lama. Namun, Anda bisa merasakan hasilnya nanti. Makanan ringan ini tidak bisa bertahan cukup lama. Kira-kira hanya dalam waktu lebih dari satu hari, kue ini tidak layak untuk dikonsumsi lagi karena sudah basi. Nikmatilah hasil jerih payah Anda bersama dengan keluarga dan anak-anak tercinta. Lebih cocok disantap bersama dengan secangkir teh manis hangat atau kopi. Bila Anda menginginkan olahan Serabi lainnya, silakan cicipi Resep Kue Ape pada artikel sebelumnya. Selamat mencoba dan selamat menikmati resep makanan ringan spesial ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 16.44