Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Sabtu, 08 Desember 2012

Resep Kue Talam Ketan Pandan Enak

Sewaktu masih kecil, Kue Talam adalah salah satu makanan ringan favorit. Bila Anda sudah kangen dengan kue ini, ada Resep Kue Talam Ketan yang bisa Anda olah kemudian nikmati untuk menghilangkan rasa rindu Anda terhadap kue tersebut! Dengan beras ketan dan bahan-bahan lainnya, tercipta sebuah jajanan khas dengan kenikmatan yang super lezat. Rasanya yang enak membuat mulut menjadi ketagihan untuk terus melahapnya. Nah, sudah tidak tahan lagi ingin mencicipi dan menghirup aroma makanan ringan ini? Yuk, segera kita persiapkan alat dan bahan untuk membuatnya!

Resep Kue Talam Ketan Pandan enak
Kue Talam Ketan


Bahan Resep Kue Talam Ketan



Bahan Lapisan Bawah


  • 1 sendok makan garam
  • 300 ml santan, direbus
  • 600 gram beras ketan, rendam selama 3 jam

Bahan Lapisan Atas


  • 6 telur ayam
  • 100 gram tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • 500 ml santan kental
  • Pasta pandan secukupnya, sebagai pewarna dan aroma


Cara Membuat Kue Talam Ketan


Untuk membuat lapisan bawah:

  1. Tiriskan beras ketan yang telah direndam, kukus setengah matang atau sekitar 15 menit. Angkat dan campur dengan santan dan garam, aduk rata.
  2. Tuangkan adonan ke dalam cetakan ukuran 15 cm x 15 cm. Kukus hingga matang atau sekitar 15 menit. Tekan permukaannya dengan daun pisang atau plastik untuk membuatnya menjadi padat.

Untuk membuat lapisan atas:

  1. Kocok telur dan gula pasir hingga berubah warna menjadi putih, tambahkan tepung beras, santan dan pasta pandan. Masak adonan di atas api kecil.
  2. Aduk terus hingga menjadi seperti bubur kental. Angkat dari kompor, tuangkan ke atas lapisan bawah dan kukus sekitar 40 menit hingga permukaan mengeras.
  3. Angkat, dan biarkan dingin.
  4. Potong sesuai selera, lalu hidangkan.



Mudah bukan dalam membuat dan mengolah Resep Kue Talam Ketan yang spesial ini? Hidangkan bersama dengan secangkir teh hangat di pagi hari atau sore hari ketika Anda dalam suasana tenang. Anda bisa membaca resep sebelumnya mengenai Resep Kue Talam Jagung. Semoga dengan jajanan kali ini, bisa mengobati rasa rindu Anda terhadap masa lalu Anda. Selamat mencoba dan selamat mencicipi hasil karya Anda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 18.07