Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Selasa, 27 November 2012

Resep Kerupuk Lele Mentah Gurih dan Enak

Ikan lele memang enak bila dijadikan aneka makanan. Salah satu resep olahan dari ikan lele adalah Resep Kerupuk Lele yang enak dan gurih ini. Tidak hanya sebagai makanan ringan biasa, Kerupuk Lele juga sangat sedap ketika disantap bersama dengan makanan berat seperti makan siang dan makan malam. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan lele juga sangat baik untuk kesahatan tubuh kita. Di luar negeri, ikan lele atau yang lebih dikenal dengan catfish diolah menjadi berbagai makanan. Dari bahan yang biasa menjadi luar biasa nikmat! Contoh lain kerupuk dari bahan ikan adalah Resep Kerupuk Ikan Tenggiri pada postingan sebelumnya. Baik, sudah siap untuk membuatnya? Yuk, kita persiapkan bahan dan alatnya!

Resep dan Cara Membuat Kerupuk Lele
Kerupuk Lele

Bahan Membuat Kerupuk Lele



  • 2 butir telur bebek
  • 100 ml air matang
  • 500 gram daging ikan lele (tanpa tulangnya)
  • 500 gram tepung tapioka
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat Kerupuk Lele



  1. Pertama-tama, bersihkan daging ikan lele dari tulang, patil, isi perut, dan siripnya, kemudian dicuci bersih.
  2. Siapkan alat pengukus, kukus daging ikan lele hingga matang, lalu dinginkan.
  3. Haluskan daging dengan menggunakan penggiling daging atau bisa juga dengan cara ditumbuk.
  4. Campur tepung tapioka dengan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan telur bebek, garam, gula, daging ikan lele yang telah dihaluskan,
  5. Aduk-aduk dan uleni adonan kerupuk hingga tidak lengket di tangan (hingga kalis).
  6. Masukkan adonan kerupuk ke dalam kantong plastik yang kira-kira berdiameter 5 cm, kemudian ikat plastik dengan menggunaka benang atau tali.
  7. Kukus adonan kerupuk yang telah dimasukkan ke dalam plastik hingga matang, angkat dan dinginkan.
  8. Iris tipis adonan yang sudah dibungkus plastik, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga menjadi kering. Bisa juga dengan menggunakan mesin pengering.
  9. Bila Kerupuk Lele sudah kering, Anda bisa menyantapnya dengan menggorengnya terlebih dahulu atau dikemas untuk dijual.


Cukup mudah bukan dalam membuat Resep Kerupuk Lele ini? Jika Anda berniat untuk membangun usaha dunia kerupuk, jangan ragu untuk memproduksi Kerupuk Lele. Selain cara membuat Kerupuk Lele ini cukup mudah, biaya produksinya-pun tergolong cukup murah. Anda bisa menysuaikan takaran bahan-bahan bila dirasa ingin membuat porsi yang lebih banyak atau yang lebih sedikit. Selamat menikmati dan selamat mencoba resep kerupuk ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 16.21