Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Rabu, 28 November 2012

Resep Cenil (Klanting) Pelangi Warna-Warni Enak

Cenil adalah salah satu kue basah atau makanan ringan yang khas dari Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Resep Cenil dengan variasi warna pelangi yang enak dan nikmat! Dengan rasa Cenilnya yang manis, teksturnya yang kenyal seperti jelly, dan ditambah dengan parutan kelapanya, membuat makanan ringan yang sudah ada sejak lama ini membuat lidah ingin terus digoyang olehnya. Cocok untuk disantap sebagai sarapan atau camilan sehari-hari. Sudah mulai tidak sabar ingin membuatnya? Yuk, segera kita olah dan racik resepnya sesuai dengan kreasi kita!

Resep Kue Cenil (Klanting) yang enak
Kue Cenil


Bahan Membuat Resep Cenil



  1. ½ butir daging kelapa agak tua, parut memanjang.
  2. 1 sendok teh garam
  3. 1 sendok teh garam, untuk dicampurkan ke parutan kelapa
  4. 6 sendok makan gula pasir
  5. 8 lembar daun pandan, dipotong-potong
  6. 20 buah takir (wadah/mangkok) dari daun pisang (opsional)
  7. 275 ml air matang
  8. 400 gram tepung kanji
  9. 2000 ml atau 2 liter air, untuk merebus
  10. Pewarna makanan warna hijau, kuning, dan merah

Cara Membuat dan Mengolah Resep Cenil



  1. Pertama-tama, larutkan 50 gr tepung kanji dengan 60 ml air matang, diaduk, lalu sisihkan. Campur sisa air dengan garam lalu rebus di atas api sedang hingga mendidih. Masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk-aduk hingga adonan Cenil mengental, lalu angkat.
  2. Teruskan mengaduk adonan hingga mengental merata dan suhunya sudah agak dingin. Masukkan sisa tepung kanji ke dalam adonan tersebut, uleni hingga merata. Bagi adonan kue ke dalam 3 bagian. Berikan pewarna pada tiap bagian adonan tersebut dengan warna kuning, hijau, dan merah, kemudian aduk merata.
  3. Ambil sekitar 1 sendok makan pada adonan masing-masing warna. Rekatkan hingga tercampur menjadi satu, kemudian gulung dengan bentuk memanjang sebesar jari kelingking. Potong-potong dengan ukuran sekitar 3 cm. Lakukan berulang kali hingga seluruh adonan telah habis.
  4. Masukkan air dan daun pandan ke dalam panci, jerang atau taruh di atas api besar, rebus sampai mendidih, kecilkan api, lalu tutup panci. Rebus air hingga aroma dan sari pandan terserap oleh air. Buang daun pandan, lanjutkan merebus sampai air mendidih.
  5. Masukkan adonan Cenil yang telah dipotong-potong ke dalam rebusan air daun pandan, masak sekitar 5 menit hingga adonan tersebut mengapung, lalu angkat.
  6. Guling-gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dicampuri dengan garam.
  7. Hidangkan dengan menggunakan takir atau wadah, kemudian berikan taburan gula pasir di atasnya.


Tips dan Trik Resep Cenil



  • Anda bisa menggunakan tepung sagu dan tepung tapioka sebagai alternatif membuat Cenil.
  • Selain gula pasir, menggunakan gula merah cair juga bisa dan menambah kenikmatan.
  • Untuk variasi bentuknya, Anda bisa membuat bentuk seperti bola kecil, kemudian ditusuk dengan menggunakan lidi (seperti sate).


Nah, menyenangkan bukan dalam membuat dan mengolah Resep Cenil yang melegenda ini? Di daerah Jawa seperti Surabaya, Kue Cenil juga sering disebut Kue Klanting. Meskipun tiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda, kenikmatan rasanya adalah salah satu yang terpenting. Bila Anda ingin membuat makanan ringan lainnya seperti kerupuk, silakan membaca mengenai Resep Kerupuk Lele pada tulisan sebelumnya. Selamat mencoba dan selamat mencicipi hasil Resep Cenil buatan Anda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 16.26