Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Minggu, 25 November 2012

Resep Kerupuk Gendar (Kerupuk Beras) Enak Tanpa Bleng

Kerupuk Gendar atau Kerupuk beras adalah kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar nasi yang telah diberi bumbu atau penyedap. Kebanyakan orang yang membuat Resep Kerupuk Gendar (contohnya Karak dan Gendar) ini menggunakan bahan bleng secara berlebihan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bleng merupakan bentuk yang tidak murni dari boraks. Batas aman penggunaan bleng adalah 1 gram tiap 1 kilogram pangan. Bila melebihi batas tersebut, hal ini merupakan ilegal dan dapat dikenakan hukuman melalui proses hukum. Nah, tidak usah khawatir bila Anda ingin membuat Kerupuk Gendar ini. Anda bisa membuatnya tanpa bleng dan pastinya aman bagi kesehatan tubuh kita. Kalau begitu, ayo kita persiapkan bahan dan alat yang diperlukan!

Resep-Kerupuk-Gendar
Kerupuk Gendar - Wikipedia

Bahan Kerupuk Gendar



  • 1 ½  sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 2 sendok makan air matang, untuk melarutkan
  • 500 gram nasi putih
  • Terasi dan ebi secukupnya (bila diperlukan/opsional)

Cara Membuat Kerupuk Gendar



  1. Tahap pertama, campurkan bahan-bahan untuk membuat bumbu di dalam mangkok lalu tuangi dengan air, aduk hingga bumbu telah larut.
  2. Tuangi bumbu di atas nasi, kemudian uleni hingga bumbu tercampur merata pada nasi.
  3. Kukus nasi yang telah dibumbui atau dimasukkan ke dalam rice cooker, lalu tunggu hingga suara rice cooker selesai menanak nasi.
  4. Aduk-aduk sesaat, diamkan selama sekitar 10 menit, supaya tanak.
  5. Angkat lalu haluskan selagi masih panas. Bisa di-uleg menggunakan ulegan atau menggunakan mixer khusus (mixer joget).
  6. Kenakan sarung tangan plastik, ambil 1 sendok makan adonan kerupuk.
  7. Letakkan di atas plastik, lalu tutup kembali dengan plastik. Giling dengan penggiling roti hingga adonannya tipis (semakin tipis, maka kerupuk akan semakin renyah).
  8. Setelah digiling dengan ketebalan sesuai keinginan, pindahkan adonan di atas tampah atau kertas roti.
  9. Lakukan pada adonan yang tersisa.
  10. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari (bila cuaca tidak mendukung, Anda bisa memanggangnya dengan oven sampai kering (biasanya proses penjemuran memerlukan waktu beberapa hari).
  11. Setelah dijemur hingga kering, goreng kerupuk pada minyak panas.
  12. Angkat, lalu sajikan.


Memang bila tidak menggunakan bleng, kerupuknya kurang kenyal dan padat. Namun, Anda bisa menggunakan tepung tapioka sebagai bahan alternatif supaya menambah kepadatan dan kekenyalannya. Makanan ringan yang sehat adalah makanan yang baik bagi tubuh kita. Nikmati bersama dengan sepiring nasi ditambah dengan lauk. Anda bisa mencicipi hidangan dari Resep Kerupuk Bawang bila Anda ingin jenis kerupuk yang lainnya. Selamat menikmati dan selamat mencoba Resep Kerupuk Gendar yang lezat ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 14.59