Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Minggu, 05 Agustus 2012

Resep Kue Kacang Tanah Spesial Lezat

Resep Kue Kacang Tanah adalah salah satu resep kue kering yang sangat cocok dibuat untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Banyak orang yang menyuguhkannya untuk para tamu yang berkunjung ke rumah. Rasa khas kacang tanahnya membuat lidah ingin terus menyantapnya. Selain lezat, makanan ringan ini juga menyehatkan karena kandungan kacang yang bergizi salah satunya yaitu protein yang penting untuk proses pertumbuhan. Tidak sabar ingin mencobanya segera? Yuk, kita persiapkan bahan-bahannya dan segera racik resep makanan ringan yang spesial ini!


Resep Kue Kacang Tanah
Kue Kacang


Bahan Untuk Membuat Resep Kue Kacang Tanah



  • 1 butir kuning telur ayam, sebagai polesan
  • 125 ml minyak kacang
  • 125 gram gula halus
  • 150 gram kacang tanah tanpa kulitnya
  • 190 gram tepung terigu
  • Margarin secukupnya


Cara Membuat Resep Kue Kacang Tanah



  1. Pertama, kacang tanah tanpa kulit dipanggang atau disangrai, kemudian haluskan.
  2. Campur kacang tanah bersama dengan tepung terigu dan gula halus, lalu aduk rata. Tambahkan minyak kacang, kemudian uleni dengan sendok kayu hingga halus dan tidak lengket.
  3. Gilas adonan Kue Kacang Tanah dengan ketebalan sekitar 5 mm. Selanjutnya, cetak dengan menggunakan cetakan kue dengan berbagai bentuk seperti bentuk hati atau segitiga.
  4. Olesi loyang oven dengan menggunakan margarin, lalu susun Kue Kacang Tanah pada loyang.
  5. Olesi permukaan kue dengan menggunakan kuning telur.
  6. Panggang selama lebih kurang 25 menit atau hingga matang.
  7. Angkat, biarkan sejenak lalu sajikan.


Tips dan Trik Resep Kue Kacang Tanah


  1. Pada saat akan menggilas adonan, sebaiknya digilas di atas plastik kemudian dicetak, kemudian pindahkan di atas loyang yang sudah dilapisi dengan margarin.
  2. Sebelum memanggang kue, sebaiknya panaskan dahulu dengan panas sedang sekitar 160°C sekitar 20-30 menit agar kue bisa matang merata hingga ke bagian dalamnya.
  3. Selalu ingat,  Kue kering  akan semakin renyah bila semakin sedikit terkena kontak dengan tangan ketika membuat adonan.


Menyenangkan bukan dalam membuat dan mengolah Resep Kue Kacang Tanah spesial ini? Hidangkan dan santap bersama dengan orang-orang tersayang. Karena kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi segala usia dan kalangan. Tapi, Anda harus berhati-hati terhadap orang yang memiliki alergi pada kacang-kacangan. Sebaiknya jangan dikonsumsi bila memiliki alergi tersebut. Ingin mencicipi resep kue lainnya? Mungkin Resep Cireng Keju ini bisa menjadi target percobaan Anda lainnya. Selamat menikmati hidangan spesial lezat dari Resep Kue Kacang Tanah ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 17.00