Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Jumat, 03 Agustus 2012

Resep Cireng Isi Keju Mantap Menggoda

Resep Cireng Isi dengan keju, mendengar namanya saja sudah membuat kita penasaran untuk mencobanya. Salah satu makanan ringan khas daerah Sunda ini memang sudah terkenal sejak lama. Mulai dari Cireng yang tanpa isian, hingga dengan beragam isian seperti isian sosis dan keju. Nah, melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai Resep Cireng, kali ini terdapat varian berbeda yaitu dengan menggunakan isian keju. Dengan tambahan rasa asin khas keju, membuat makanan ringan ini semakin nikmat untuk disantap. Ingin segera mencicipinya? Yuk, segera kita persiapkan alat dan bahannya!


Resep Cireng Isi
Cireng Isi Keju



Bahan Mengolah Resep Cireng Isi Keju



  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh peres garam
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 batang daun bawang, gunakan hanya daunnya, diiris halus
  • 200 gram tepung sagu
  • 200 gram tepung terigu
  • 400 ml air
  • Keju cheddar parut secukupnya untuk isian


Cara Mengolah Resep Cireng Isi Keju



  1. Pertama-tama, campur tepung terigu dan tepung sagu lalu diayak. Tempatkan di dalam wadah. Tambahkan irisan daun bawang kemudian aduk merata, sisihkan.
  2. Panaskan air, tambahkan dengan merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam. Tunggu hingga mendidih, matikan api lalu angkat.
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan air kaldu dengan suhu yang masih panas ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok atau spatula kayu. Uleni hingga adonan menjadi kalis dan bisa dipulung.
  4. Ambil adonan Cireng, pipihkan, tambahkan keju cheddar parut. Bungkus dan bentuk seperti pastel atau bentuk lainnya. Rekatkan bagian pinggirnya. Lakukan langkah ini hingga adonan Cireng telah habis.
  5. Panaskan minyak, goreng Cireng dengan menggunakan api sedang hingga berubah warna menjadi kekuningan dan matang. Angkat, lalu tiriskan.
  6. Sajikan dalam keadaan panas.


Tips dan Trik Resep Cireng Isi Keju



  1. Lumuri tangan dengan menggunakan tepung sagu dan taburi permukaan meja atau alas pada saat akan  membentuk Cireng. Hal ini dilakukan agar adonan Cireng Isi Keju mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan.
  2. Ketika menuangkan larutan air kaldu ke dalam campuran tepung, usahakan campurannya sudah pas. Bila dirasa sudah cukup kalis, hentikan penambahan air dan bila masih terlalu kering, bisa tambahkan larutan air.
  3. Segera santap ketika masih panas atau hangat agar teksturnya tidak terlalu keras ketika dikunyah.
  4. Lebih lezat bila disantap dengan saus sambal.


Mudah bukan dalam membuat dan mengolah resep makanan ringan Indonesia yang sederhana ini? Meskipun makanan ringan ini merupakan makanan tradisional, tetapi masih tetap berjaya hingga saat ini. Banyak pengusaha atau franchise Cireng yang sukses memasarkan produknya. Jadi, jangan minder untuk menyantap atau menjual Cireng. Karena bisa jadi hal ini merupakan salah satu langkah menuju keberhasilan Anda. Selamat menikmati hasil olahan dari Resep Cireng Isi dengan keju yang menggoda ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 23.09