Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Senin, 06 Agustus 2012

Resep Kue Kering Coklat Kacang Karamel Menggoda

Resep Kue Kering Coklat Kacang dengan nuansa karamel yang menggoda adalah salah satu resep kue atau makanan ringan yang lezat untuk disantap. Untuk menyambut hari raya Idul Fitri, Kue Coklat Kacang sangat cocok disuguhkan sebagai jamuan untuk para tamu yang datang bersilaturrahmi ke rumah Anda. Suasana rumah akan semakin hangat dan meriah. Anak-anak pasti suka akan kenikmatannya. Kacang tanah baik dikonsumsi oleh anak-anak karena kandungan gizi dan proteinnya. Rasa coklatnya yang manis bercampur bahan-bahan lain serta kacang tanahnya yang renyah, membuat cemilan ini semakin disukai oleh banyak orang. Ingin segera menyantapnya? Yuk, persiapkan alat dan bahan untuk mengolah resep makanan ringan yang spesial ini!


Resep Kue Kering Coklat Kacang
Coklat Kacang Karamel



Bahan-Bahan Resep Kue Kering Coklat Kacang Karamel



  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 15 gram susu bubuk full cream
  • 25 gram coklat bubuk
  • 25 gram maizena
  • 75 gram tepung gula
  • 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC), lelehkan
  • 100 gram butter dicampur dengan 50 gram margarin
  • 200 gram tepung terigu protein rendah atau sedang


Toping Karamel Kacang


  • 100 gram kacang tanah cincang siap pakai
  • Untuk membuat karamel, masak atau lelehkan 100 gram gula pasir dengan menggunakan api kecil. Tambahkan 50 ml air, lalu aduk rata. Karamel telah siap untuk digunakan.


Cara Membuat Resep Kue Kering Coklat Kacang Karamel



  1. Pertama-tama, campur butter, margarin, bubuk vanili dan tepung gula, kemudian kocok seluruh bahan hingga tercampur merata.
  2. Masukkan telur ayam, aduk rata.
  3. Secara bertahap, masukkan campuran tepung terigu, susu, coklat bubuk, dan maizena ke dalam adonan, aduk dengan menggunakan sendok kayu. Lakukan langkah ini hingga tepung habis.
  4. Masukkan Dark Cooking Chocolate yang telah dilelehkan ke dalam adonan, aduk merata.
  5. Giling adonan dengan ketebalan ½ cm, potong dengan bentuk kotak-kotak kecil.
  6. Panaskan oven, panggang dengan suhu 160 °C hingga kue matang, dinginkan sesaat.
  7. Beri karamel pada bagian permukaan kue kemudian taburi dengan kacang tanah cincang.


Sumber Resep Kue Kering Coklat Kacang dengan karamel juga terdapat pada majalah Alia Pesona Muslimah No. 03 September 2008 dan blog defidi.


Tips dan Trik Resep Kue Kering Coklat Karamel


  1. Dalam membuat kue kering, selalu ingat agar sebisa mungkin menghindari kontak dengan tangan ketika membuat adonan. Hal ini dilakukan supaya hasil dari kue semakin renyah.
  2. Selain memotong setelah menggilas adonan kue, Anda bisa memotong kue dengan bentuk kotak-kotak kecil ketika kue sudah di-oven dan sudah hampir matang.


Untuk membuat Resep Kue Kering Coklat Kacang ini memang tergolong susah-susah mudah. Bagi Anda yang belum terbiasa dalam membuatnya atau baru pertama kali mencoba dan hasilnya kurang memuaskan, jangan kecewa. Anda harus bisa mengevaluasi hasil dari jerih payah Anda dan berkreasi dengan resep yang Anda agar hasil yang didapat bisa menjadi luar biasa. Cicipi juga resep kue kering lain yaitu Kue Kacang Tanah pada tulisan sebelumnya. Selamat menikmati hidangan spesial lezat dari Resep Kue Kering Coklat Kacang dengan Karamel yang begitu menggoda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 23.06