Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Kamis, 21 Juni 2012

Tips dan Trik Membuat Kue Nastar

Untuk melengkapi artikel sebelumnya yaitu mengenai Resep Kue Nastar, kali ini penulis ingin membagi Tips dan Trik Membuat Kue Nastar untuk para pembaca. Untuk mengolah resep makanan ringan yang spesial ini memang diperlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi agar hasilnya bisa memuaskan. Tentu Anda tidak ingin orang yang mencicipi Kue Nastar buatan Anda tersebut kecewa terhadap hasil buatan Anda bukan? Nah, silahkan membaca Tips dan Trik dalam membuat Kue Nastar di bawah ini!


Tips Mengolah Resep Makanan Ringan untuk Kue Nastar
Kue Nastar




Tips dan Trik Membuat Kue Nastar


  1. Bila Anda merasa kesulitan atau repot dalam membuat selai nanas sebagai bahan isian Kue Nastar, Anda bisa menggunakan selai nanas kemasan siap pakai. Tapi ingat, selai nanas yang digunakan sebagai bahan isian Nastar memiliki tekstur yang padat dan lebih kesat. Berbeda dengan selai nanas yang digunakan sebagai bahan olesan roti.
  2. Ketika Anda menggunakan selai kemasan, namun selai tersebut masih terlalu lembek dan basah, Anda bisa mengolahnya ulang dengan cara memasak selai tersebut ke dalam wajan hingga kandungan airnya kering dan habis.
  3. Jangan sekali-kali menggunakan butter 100% dalam membuat adonan Kue Nastar karena tekstur Nastar akan sangat rapuh dan mudah hancur.
  4. Kadangkala ukuran Kue Nastar yang kita buat tidak sama. Untuk mengatasinya, lakukan cara berikut: Gilas adonan Nastar menggunakan rolling pin dan beri batasan tingginya dengan menggunakan penggaris atau buku yang kita letakkan di sisi kiri dan kanan adonan. Selanjutnya, cetak adonan yang sudah digilas tersebut menggunakan cookie cutter atau cetakan pemotong kue yang berbentuk bulat. Sesuaikan ukurannya dengan selera Anda. Cara ini juga akan menjadikan bentuk Kue Nastar menjadi seragam satu sama lain dan mempercepat proses pengerjaan.
  5. Proses memoles permukaan Kue Nastar setelah dipanggang dalam oven selama 20 menit bertujuan untuk menghindari permukaan Nastar menjadi pecah dan gosong.
  6. Agar hasil polesan menjadi mengkilap dan semakin cantik, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam adonan olesan. Bila diperlukan, oleskan sebanyak 2 kali sehingga hasil polesannya berwarna kuning keemasan dan lebih cantik.
  7. Hindari me-mixer adonan terlalu lama karena akan mengakibatkan Nastar menjadi lebih keras. Anda juga bisa membuat kue kering ini tanpa menggunakan mixer. Cukup dengan menggunkana pisau pastry, balloon whisk, atau spatula kayu.
  8. Tunggu Kue Nastar hingga betul-betul kering sebelum memasukkannya ke dalam wadah atau toples agar tidak cepat melempem/mengembang.
  9. Nastar menjadi cepat berjamur karena isiannya yang berupa selai. Jadi, pastikan selai yang digunakan sebagai bahan isian tidak mengandung air dan benar-benar kering.
  10. Kue Nastar biasanya tahan biasanya hanya 2 bulan karena akan semakin rapuh dan bisa berjamur.


Itu dia Tips dan Trik Membuat Kue Nastar yang bisa Anda terapkan. Bila Anda memiliki Tips dan Trik yang lain, jangan sungkan untuk menambahkannya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dalam membuat dan mengolah resep makanan ringan khas Idul Fitri ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 21.00