Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Jumat, 22 Juni 2012

Tips dan Trik Jitu Membuat Kentang Goreng Renyah

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Resep Kentang Goreng Renyah yang bisa Anda praktekkan langsung. Agar membuat dan mengolah resep makanan ringan ini semakin mantap dan lezat, Anda bisa menerapkan Tips dan Trik Membuat Kentang Goreng Renyah pada artikel kali ini. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan usaha yang maksimal pula. Tips dan Trik ini dapat menjadi referensi untuk semakin mendongkrak supaya hasil racikan Kentang Goreng Anda semakin maksimal. Silahkan simak beberapa Tips dan Trik dibawah ini!


Tips dan Trik Membuat Makanan Ringan - Kentang Goreng Renyah




Tips dan Trik Membuat Kentang Goreng Renyah (French Fries)


  • Pemilihan Kentang


Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang lezat untuk disantap. Jenis kentang sangat mempengaruhi rasa, tekstur, dan warna ketika kentang sudah digoreng. Bila Anda membeli kentang kemasan siap goreng yang telah dipotong-potong, lebih baik Anda memilih komposisi kentang yang memiliki tinggi pati dan rendah gula. Karena hal ini dapat menurunkan presentase perubahan warna kecoklatan pada Kentang Goreng, yang mana ini merupakan masalah yang sering dihadapi ketika membuat Kentang Goreng. Hindari menggunakan kentang goreng dalam kemasan yang mengandung lilin, karena lilin dapat membuat kentang goreng menjadi tidak crispy/renyah.


  • Kesegaran Kentang


Bila Anda menggunakan kentang yang segar, pilihlah kentang yang kulitnya halus, tidak memiliki cacat, dan tidak memar. Setiap perubahan warna yang terjadi pada kulit atau bagian luar kentang, bisa menunjukkan perubahan warna yang terjadi di dalam bagian kentang, yang mana dapat membuat rasa dan warna dari Kentang Goreng menjadi kurang lezat. Jangan menggunakan kentang yang kulitnya berwarna kehijauan akibat terpapar sinar matahari, karena solanin atau racun terdapat pada bintik hijau atau warna kehijauan pada kentang tersebut.



  • Pemotongan Kentang


Pemotongan kentang merupakan salah satu poin penting yang harus dipenuhi untuk menciptakan hasil yang maksimal. Usahakan agar memotong kentang dengan ukuran yang sama/seragam. Hal ini akan membuat kentang ketika digoreng, kentang akan matang secara merata. Tidak hanya dengan kentang, proses pemotongan sayuran dan umbi-umbian lain juga sebaiknya harus dengan ukuran yang seragam.

  • Proses Perebusan


Untuk menghindari warna kecokelatan pada kentang ketika digoreng, sebaiknya sebelum kentang akan digoreng, rebus sesaat di dalam air mendidih, tiriskan, kemudian rendam dengan air es (blansir) untuk mengurangi perubahan warna yang terjadi. Proses blansir ini dilakukan untuk menghilangkan lilin dan melarutkan kandungan gula yang ada pada kentang. Kentang Goreng menjadi kecokelatan diakibatkan oleh gula ini. Panas air yang mendidih juga mengurangi kandungan enzim alami atau enzim polyphenol oxidase yang ada pada kentang. Enzim ini menjadi penyebab utama dari perubahan warna menjadi keabu-abuan. Dengan cara merebus kentang, aktivitas enzim menjadi terganggu sehingga mencegah timbulnya warna abu-abu dan untuk menghindari cipratan minyak saat proses penggorengan.


  • Proses Perendaman


Selain dengan proses perebusan, salah satu cara lain untuk mendapatkan warna yang baik pada Kentang Goreng adalah dengan merendam kentang di dalam air dingin. Proses ini membuat tekstur dari Kentang Goreng menjadi renyah dan membuat warnanya tidak berubah. Perendaman kentang dilakukan kira-kira selama 1 jam agar rasanya menjadi renyah dan warnanya bersih. Goreng kentang dengan minyak panas lalu tiriskan dan biarkan sisa-sisa kandungan minyaknya keluar.


Itu dia Tips dan Trik yang dapat Anda terapkan dalam membuat Kentang Goreng Renyah yang spesial. Mohon maaf dengan kekurangan yang Ada pada Tips dan Trik ini. Bila Anda memiliki Tips dan Trik yang lainnya, silahkan beritahu dengan cara menulisnya pada kolom komentar. Selamat mengolah resep makanan ringan ini dengan hasil yang memuaskan!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 21.00