Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Selasa, 25 Desember 2012

Resep Wingko Babat Khas Daerah Babat

Kue Wingko sering ditemui oleh para penjual kue di stasiun-stasiun kereta ataupun di terminal bus. Bagi Anda yang ingin membuatnya, Resep Wingko Babat ini sangat cocok untuk Anda. Banyak orang mengira Wingko berasal dari daerah Semarang, Jawa Tengah. Hal ini karena Semarang memang terkenal sebagai penghasil Kue Wingko. Sebenarnya Wingko Babat berasal dari daerah Babat yang berada di Lamongan, Jawa Timur. Daerah Babat sangat memegang peranan produksi Wingko, karena terdapat perusahaan pembuat makanan ringan ini yang memperkerjakan banyak warga sekitar. Nah, bagi Anda yang ingin menyantapnya, tak usah jauh-jauh pergi ke Semarang atau Babat. Karena di rumah-pun Anda bisa mengolah resep makanan ringan ini bersama dengan si kecil. Yuk, segera kita persiapkan bahan-bahan dan alatnya!

Resep Wingko Babat
Kue Wingko Babat


Bahan Resep Kue Wingko Babat



  • ½ sendok teh garam halus
  • ½ sendok teh vanili bubuk atau pasta vanili
  • 1 lembar daun pandan, ikat atau simpulkan
  • 1 sendok makan margarin
  • 50 gram tepung kanji
  • 250 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
  • 350 gram gula pasir
  • 350 gram kelapa setengah matang, kupas, lalu diparut memanjang
  • 500 gram tepung ketan
  • Daun pisang atau kertas minyak, sebagai alas loyang
  • ½ sendok makan margarin dan 2 butir kuning telur ayam (sebagai bahan olesan Wingko)


Cara Membuat Wingko Babat



  1. Pertama-tama, rebus santan kental bersama dengan daun pandan, garam halus, dan gula pasir hingga mendidih dan teksturnya berubah menjadi agak kental.
  2. Pada wadah terpisah, campurkan tepung kanji, tepung ketan, margarin, vanili, dan kelapa parut, lalu diaduk merata. Sesudah itu, tambahkan larutan rebusan santan yang telah dibuat sebelumnya sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga berminyak dan kalis (tidak lengket di telapak tangan).
  3. Siapkan loyang, alasi loyang dengan daun pisang atau kertas minyak. Tuangkan adonan Wingko Babat di atas permukaan loyang, selanjutnya diratakan.
  4. Panggang di dalam oven pada suhu 160° Celcius selama sekitar 20 menit. Keluarkan dari dalam oven, olesi bagian permukaan kue dengan menggunakan bahan olesan.
  5. Tunggu sesaat hingga Kue Wingko Babat sudah dingin, potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu bungkus dengan plastik atau menggunakan kertas minyak.


Ketelitian dan keuletan dalam membuat dan mengolah Resep Wingko Babat ini sangatlah diperlukan supaya hasil yang didapat-pun menjadi maksimal. Nikmati kue bersama dengan secangkir teh manis panas atau kopi hitam agar rasanya semakin nikmat. Teksturnya yang keras serta serat-serat parutan kelapanya akan terasa di lidah Anda. Suasana stasiun atau terminal terlintas di benak Anda. Coba juga jajanan tradisional Indonesia yaitu Resep Kue Wajik yang ada pada artikel sebelumnya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan resepnya!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 11.53