Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Senin, 24 Desember 2012

Resep Wajik Ketan Gula Merah Enak

Masih senang dengan aneka makanan ringan tradisional dari Indonesia? Resep Wajik Ketan dengan rasa gula merah ini adalah salah satu jajanan yang harus Anda coba! Ya, beras ketan yang telah diolah sedemikian rupa bersama bumbu-bumbu lainnya, bisa membuat sebuah kue yang nikmat. Biasanya Kue Wajik sering disuguhkan dalam acara-acara penting seperti resepsi pernikahan dan acara syukuran keluarga. Bagi Anda yang sering membelinya kepada para pedagang di sekitar pasar trasional, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Yuk, segera buat dan oleh resep makanan ringan ini sesuai dengan inisiatif Anda!

Resep Wajik Ketan Gula Merah
Kue Wajik Ketan


Bahan Kue Wajik Ketan



  • 3 lembar daun pandan
  • 100 gram gula pasir
  • 250 gram gula merah
  • 750 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
  • 800 gram beras ketan putih
  • Garam dapur secukupnya
  • Daun pisang secukupnya, sebagai alas
  • Minyak goreng secukupnya, untuk mengoles



Cara Membuat Wajik Ketan




  1. Pertama-tama, beras ketan direndam selama 1 jam, lalu dikukus setengah matang.
  2. Masak santan bersama gula pasir, gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih.
  3. Masukkan ketan yang telah dikukus setengah matang ke dalam campuran santan, aduk-aduk terus hingga santan mengering dan ketan telah matang, lalu angkat.
  4. Berikan alas daun pisang di atas loyang atau tampah, olesi permukaan daun dengan minyak goreng.
  5. Tuangkan adonan Kue Wajik pada tampah atau loyang, ratakan kue sambil ditekan-tekan agar teksturnya padat, tunggu sesaat hingga dingin.
  6. Potong-potong Wajik dengan bentuk persegi ukuran 4 cm x 6 cm (kira-kira untuk 60 potong).
  7. Sajikan.


Cukup mudah bukan dalam membuat makanan ringan tradisional Indonesia ini? Anda bisa memodifikasi resepnya seperti menambahkan potongan buah nangka di dalamnya. Kue Wajik cocok disantap ketika santai sore hari atau sebagai sarapan untuk sang buah hati. Bila Anda ingin mencoba membuat makanan ringan khas Indonesia lainnya,  cobalah Resep Kue Rangi khas Betawi pada postingan sebelumnya. Lestarikan aneka kuliner tradisional agar generasi setelah kita bisa menikmatinya. Selamat berkreasi dan selamat menikmati hasil Resep Wajik Ketan versi Anda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 09.09