Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Senin, 19 November 2012

Resep Kue Putu Ayu Enak dengan Kelapa

Apakah Anda pernah membuat Resep Kue Putu Ayu sendiri di rumah? Kue Putu Ayu adalah salah satu varian kue basah yang sudah dikenal sejak zaman dahulu hingga kini masih memiliki cita rasa yang khas. Makanan ringan ini sering disuguhkan pada acara-acara hajatan, syukuran, ataupun dalam pertemuan khusus. Dengan tekstur kuenya yang empuk serta rasa parutan kelapanya yang gurih, membuat mulut ingin terus melahapnya satu per satu. Para penjaja kue menjual biasa menjualnya dengan harga kisaran Rp. 500 - Rp. 1.000. Meskipun murah, banyak juga orang yang menyukai kue ini. Ingin segera mengingat masa kecil Anda ketika menyantapnya? Yuk, segera kita coba untuk mengolah resepnya!

Resep-Kue-Putu-Ayu
Kue Putu Ayu


Bahan Kue Putu Ayu


  • 1 sendok teh pengemulsi SP
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram kelapa muda, diparut
  • 150 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml santan
  • Garam dapur secukupnya
  • Pewarna makanan warna hijau secukupnya


Cara Membuat Kue Putu Ayu


  1. Pertama-tama, kocok telur, pengemulsi SP, dan gula pasir dalam satu wadah sampai berubah warna menjadi putih dan mengembang, lalu masukkan tepung terigu, aduk merata.
  2. Tuangi santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata.
  3. Berikan pewarna makanan warna hijau secukupnya, lalu aduk rata.
  4. Campur garam dapur dan parutan kelapa sampai rata.
  5. Masukkan kelapa di dasar cetakan kue sambil agak ditekan supaya menjadi padat.
  6. Tuang adonan Kue Putu Ayu sampai memenuhi cetakan.
  7. Siapkan panci pengukus, panaskan panci, lalu kukus adonan kue hingga matang.
  8. Angkat, lalu sajikan selagi hangat.


Tips dan Trik Mengolah Resep Kue Putu Ayu


  1. Hindari penggunaan api besar ketika mengukus adonan supaya kukusan tidak terlalu panas. Bila terlalu panas, bisa membuat kue menjadi merekah.
  2. Supaya tampilan dari kelapa semakin cantik, lebih baik menggunakan kelapa muda yang sudah cukup uumur (cukup muda) serta ketika memasukkan kelapa ke dalam cetakan agar sedikit ditekan supaya adonannya menjadi padat.
  3. Sebaiknya tidak menyimpan kuenya terlalu lama. Hal ini karena Kue Putu tidak dapat bertahan dalam beberapa hari ke depan.



Kue basah dari Indonesia ini memang sungguh nikmat. Terlebih lagi ketika disantap pada waktu pagi hari ditemani dengan secangkir teh manis. Perasaan relaks dan semangat pagi hari semakin membuat hidup Anda menjadi nyaman. Perkenalkan dan buat bersama sang buah hati akan Resep Kue Putu Ayu supaya kuliner Nusantara semakin lestari. Bila Anda ingin membuat kue basah lainnya, silakan coba Resep Kue Lapis Legit Kukus pada artikel sebelumnya. Selamat berkreasi dan berimajinasi dengan resepnya!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 17.20