Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Jumat, 09 November 2012

Resep Kue Lapis Tepung Beras Mantap

Masih suka dengan Kue Basah? Kali ini kita akan membahas mengenai Resep Kue Lapis dari Tepung Beras yang manis dan menggoda ini. Pastinya jajanan pasar ini sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Ketika sedang berbelanja di pasar tradisional ataupun dijajakan oleh penjual kue. Dengan bahan-bahan yang sederhana bisa tercipta sebuah resep makanan ringan yang istimewa! Yuk, kita olah dan buat kuenya!

Resep-Kue-Lapis
Kue Lapis

Bahan Kue Lapis


  • ½ sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan, potong-potong dengan ukuran 5 cm
  • 75 gram tepung sagu
  • 275 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 950 ml santan dari 2 butir kelapa
  • Pewarna makanan atau sumba sesuai dengan selera
  • Minyak goreng secukupnya (sebagai olesan loyang)


Cara Membuat Kue Lapis


  1. Pertama-tama campur lalu didihkan santan, daun pandan, gula pasir, dan garam, biarkan hingga larutan menjadi hangat. Kemudian campurkan tepung sagu dan tepung beras, tuangi santan sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan hingga gula melarut dan santan sudah tercampur merata.
  2. Bagi adonan Kue Lapis menjadi 3 bagian berbeda untuk 3 warna. Siapkan loyang dengan ukuran 20 x 20 cm yang telah diolesi dengan minyak goreng, panaskan dalam dandang atau panci kukus.
  3. Tuang lebih kurang sebanyak 50 ml adonan warna pertama, kukus lebih kurang selama 5 menit hingga mengeras. Tumpangi dengan adonan kue warna lain, dilakukan selang-seling setiap kali adonan sebelumnya mengeras hingga adonannya telah habis.
  4. Langkah selanjutnya yaitu kukus lebih kurang selama 30 menit hingga matang.
  5. Angkat, potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan, lalu sajikan.


Warna-warni dari Kue Lapis ini benar-benar menggoda. Lidah rasanya ingin mencicipi dan menyantapnya dengan lahap. Ini hanyalah salah satu dari varian Resep Kue Lapis yang ada di Indonesia. Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera Anda. Suguhkan pada acara-acara penting seperti acara pengajian. Bila Anda ingin mencicipi aneka kue basah yang lainnya, silakan coba Resep Kue Mangkok Ubi pada postingan sebelumnya. Selamat mencoba dan selama menikmati!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 13.00