Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Rabu, 14 November 2012

Resep Kue Lapis Legit Enak Nikmat

Bosan dengan Kue Lapis yang biasa? Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Resep Kue Lapis Legit yang super enak ini! Berbeda dari kue basah lainnya, Kue Lapis Legit memiliki rasa dan aroma yang khas. Kue ini juga terkenal dengan bahan pembuatan yang menggunakan banyak telur ayam. Proses pembuatannya  tidak sulit. Namun, Anda perlu ketelatenan dan ketelitian yang tinggi supaya hasilnya semakin maksimal. Daripada penasaran dengan kue basah ini, yuk segera kita persiapkan alat dan bahannya!

Resep-Kue-Lapis-Legit
Kue Lapis Legit

Bahan Kue Lapis Legit


  • 1 sendok teh garam dapur
  • 2 sendok pewarna makanan warna kuning telur
  • 1 sendok teh bumbu spekoek/spekulas (bumbu tambahan membuat Lapis Legit)
  • 1 sendok teh vanilla essence (opsional)
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 60 gram tepung terigu
  • 430 gram gula halus
  • 700 gram butter (akan lebih baik bila menggunakan butter kemasan kaleng)
  • 900 gram kuning
  • Potongan kacang kenari (opsional)


Cara Membuat Kue Lapis Legit


  1. Pertama-tama, campur butter dengan garam, lalu kocok dengan menggunakan mixer kecepatan sedang, tambahkan susu kental manis, kemudian kocok hingga ketal, sisihkan.
  2. Pada wadah terpisah, kocok kuning telur dan gula halus hingga adonan kue mengembang dan mengental, sisihkan.
  3. Pada wadah lainnya, campur spekoek, susu bubuk, dan tepung terigu.
  4. Campur campuran kuning telur ke dalam campuran butter secara bertahap dan selang-seling bersama dengan memasukkan campuran tepung terigu, kocok dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga merata.
  5. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan dialasi dengan kertas roti. Ukuran loyang 20 cm x 20 cm x 7 cm (bila Anda hanya menggunakan setengah bahan resep) atau loyang dengan ukuran 22 cm x 22 cm x 8 cm (bila Anda menggunakan seluruh bahan resep).
  6. Pada 2-3 bagian lapis pertama, gunakan api bawah dan api atas (bila Anda menggunakan oven listrik) agar permukaannya mengering.
  7. Setelah lapis ketiga, matikan api bawah dan lakukan tahap memanggang lapis demi lapis hingga seluruh adonan Kue Lapis Legit telah habis. Hidupkan api bawah lalu panggang selama lebih kurang 10 menit (apabila pada langkah ini permukaan Lapis Legit sudah mengering, tutupi dengan menggunakan aluminium foil agar tidak cepat gosong).



Sabar dan terus berusaha akan membuahkan hasil yang baik. Bagaimana hasil dari Resep Kue Lapis Legit buatan Anda? Sajikan hasilnya kepada keluarga tercinta agar suasana semakin hangat. Anak-anak pasti suka menyantapnya. Lapis demi lapis akan terasa sangat nikmat rasanya. Bila Anda kurang puas dengan resep ini, silakan mencoba Resep Kue Lapis Sagu (Pepe) pada postingan sebelumnya. Selamat mencoba dan selamat menikmati!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 16.25