Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Sabtu, 07 Juli 2012

Resep Getuk Khas Indonesia

Resep Getuk adalah salah satu resep makanan ringan sederhana khas Indonesia. Dengan berbahan dasar singkong atau ketela pohon, dapat diolah menjadi makanan ringan yang lezat. Tidak hanya enak untuk disantap, kandungan gizinya pun juga baik untuk kesehatan seperti kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong untuk memenuhi kebutuhan tenaga atau kalori kita sehari-hari. Rasanya yang lembut ketika digigit, manis gulanya, serta taburan parutan kelapa di atasnya, membuat Getuk sangat enak untuk disantap disela hari-hari kita. Ingin mencoba resepnya? Ayo, kita racik bahan dan olah Resep Getuk yang spesial ini!


Resep Getuk
Getuk




Bahan Membuat Getuk:

  • ½ sendok teh garam
  • ½ kg singkong
  • ½ buah kelapa, parut kemudian dikukus
  • 150 gram gula pasir atau gula merah
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Air untuk mengukus secukupnya



Cara Membuat Getuk:

  1. Pertaa-tama, kupas kulit singkong lalu cuci hingga bersih, potong-potong sekitar 5 cm.
  2. Rebus singkong hingga matang. Angin-anginkan dengan kipas atau kipas angin hingga uapnya telah hilang.
  3. Campur singkong dengan sedikit garam dan gula kemudian hancurkan hingga lumat.
  4. Beri pewarna makanan bila Anda suka.
  5. Sajikan.


Tips dan Trik:

  • Bila Anda menginginkan Getuk dengan warna putih, sebaiknya gunakan gula pasir dan untuk berwarna merah/coklat gunakan gula merah. Bila ingin warna hijau sebaiknya menggunakan perasan air daun suji.




Cukup mudah bukan dalam mengolah dan membuat resep makanan ringan sederhana ini? Getuk sangat cocok menjadi teman hangat ketika minum teh disenja hari atau pada pagi hari ketika sarapan. Anak-anak pasti suka ketika menyantapnya. Cocok untuk segala usia dan kalangan. Informasi lebih lanjut mengenai Getuk, silahkan lihat tulisan sebelumnya mengenai Getuk. Selamat menikmati dan mencoba Resep Getuk yang khas dari Indonesia ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 21.00