Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Sabtu, 07 Juli 2012

Resep Getuk Indonesia

Resep Getuk, adalah salah satu resep makanan ringan (snack) dari Indonesia yang berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Getuk adalah termasuk makanan ringan sederhana yang mudah dijumpai di daerah Jawa Timur dan juga Jawa Tengah. Umumnya, proses pembuatan Getuk dimulai dari pemilihan dan pengupasan singkong yang kemudian dikukus atau direbus, kemudian ketika sudah matang singkong ditumbuk atau dihaluskan melalui cara digiling lalu diberikan pewarna makanan dan pemanis gula. Dalam penyajiannya ditaburi dengan parutan kelapa.


Macam-Macam Getuk


Getuk di Indonesia dikenal terdapat 2 (dua) macam, yaitu Getuk dan Getuk Lindri.


Resep membuat Getuk
Getuk





  • Getuk

Ketika singkong yang telah masak dan dengan suhu yang panas, ditaburi dengan beberapa potongan kecil gula merah sehingga singkong berwarna coklat tetapi tidak merata seluruhnya dan secara umum tumbukan dari Getuk biasanya kasar.



Getuk Lindri


  • Getuk Lindri

Getuk Lindri yaitu merebus singkong lalu menggilingnya hingga halus bersama dengan gula pasir, diberi vanili dan pewarna makanan kemudian setelah itu Getuk dicetak kira-kira sebesar ukuran mie hingga memanjang lalu dirapatkan memanjang satu sama lainnya sehingga memiliki ketebalan sebesar 2cm - 4cm, setelah itu Getuk dipotong-potong memanjang sekitar 5cm dan lebar kira-kira 4 cm.


Bahan Baku Getuk


Tidak hanya terbuat dari singkong, tetapi Getuk dapat berbahan dasar dari ubi, talas, dan pisang. Tergantung dari kreasi resep dari sang pembuat. Dari bahan baku yang berbeda, maka rasa dan tekstur Getuk yang dihasilkan pun berbeda pula. Resep Getuk bisa Anda kreasikan menurut selera dan kreativitas Anda.
Resep Makanan Ringan, Updated at: 18.00