Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Kamis, 12 Juli 2012

7 Tips Spesial Menggulung Bolu Gulung

Untuk menambah Tips sebelumnya mengenai Tips Membuat Bolu Gulung, kali ini kita akan membahas Tips Menggulung Bolu Gulung yang sangat penting untuk kita terapkan. Tentu Anda tidak menginginkan Bolu Gulung yang telah Anda buat hasilnya kurang memuaskan, bukan? Apalagi jika ketika menggulung Bolu Gulung, ternyata patah sehingga penampilannya tidak cantik lagi. Tetapi jangan khawatir, dengan Tips Menggulung Bolu Gulung ini, Anda bisa meminimalisir hal yang tidak menyenangkan itu terjadi pada makanan ringan yang spesial ini. Silahkan simak Tips dan Triknya!


7 Tips Menggulung Bolu Gulung Dengan Sempurna



Tips Menggulung Bolu Gulung
Bolu Gulung



  1. Sebelum menggulung, pastikan permukaan kue sudah kering, tidak berbunyi desisan dan tidak lengket saat dipegang.
  2. Siapkan kain serbet bersih atau kertas roti sebelum menggulung Bolu Gulung. Jika diperlukan, Anda bisa menaburi permukaan kain atau kertas dengan gula halus supaya bagian luar kue tidak menempel pada saat kertas atau kain dibuka.
  3. Untuk filling atau pengisian, bisa menggunakan jeli/agar-agar, selai whipping cream atau buttercream agar rasa dari Bolu Gulung semakin nikmat dan juga berfungsi sebagai bahan perekat saat digulung. Untuk bahas isian atau olesan yang mudah leleh bila terkena panas, lebih baik agar menggulung kue setelah suhunya menajdi dingin. Untuk kue Bolu Gulung dengan bahas olesan yang agak cair, sebaiknya disimpan dahulu beberapa saat di dalam kulkas sebelum dipotong.
  4. Untuk Bolu Gulung yang menggunakan loyang zig-zag, lebih baik masukkan bahas isian atau filling ke dalam plastik segitiga yang telah dilubangi sesuai dengan ukuran lebar zig-zagnya. Selanjutnya, tinggal menyemprotkan bahan isian pada lubang zig-zag lalu ratakan dengan menggunakan pisau kecil atau ujung sendok dengan cara ditarik.
  5. Agar hasil olesannya lebih rapi, untuk ujung bagian pertama digulung dengan olesan agak tebal, sedangkan untuk sisi yang jadi akhir gulungan, oles tipis saja agar hasilnya tidak berantakan dan mengotori bagian Bolu Gulung.
  6. Bolu Gulung atau Rollcake bisa digulung saat hangat maupun dingin. Hal ini tergantung oleh tekstur kue dan bahan isiannya. Apabila tekstur kue tidak terlalu lembut, lebih baik digulung saat masih hangat supaya hasilnya tidak pecah-pecah.
  7. Rapatkan kedua bagian ujung pembungkus Bolu Gulung dan pastikan suhunya sudah dingin saat pembungkus dibuka untuk memastikan gulungan Bolu Gulung tidak kembali terbuka.



Itu dia 7 Tips Menggulung Bolu Gulung yang spesial. Dengan Tips dan Trik ini dapat meminimalisir kekurangan yang terdapat pada makanan ringan istimewa ini. Kepuasan konsumen harus menjadi yang utama. Nikmati berbagai resep makanan ringan yang bisa Anda olah pada blog ini. Semoga Tips Menggulung Bolu Gulung ini bisa bermanfaat untuk Anda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 18.00