Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Rabu, 11 Juli 2012

10 Tips Bermanfaat Membuat Bolu Gulung

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai Resep Bolu Gulung, sekarang kita akan membahas mengenai Tips Membuat Bolu Gulung yang bermanfaat untuk Anda. Tentu Anda tidak mau hasil Bolu Gulung yang Anda buat ternyata masih kurang? Atau mungkin masih belum berhasil dalam membuatnya? Selain dengan penerapan cara-cara yang benar, masih banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam membuat makanan ringan ini. Ingin segera mengetahui Tips-Tipsnya? Yuk, kita simak 10 Tips Membuat Bolu Gulung ini!


10 Tips Membuat Bolu Gulung yang Bermanfaat


10 Tips Membuat Bolu Gulung
Bolu Gulung




  1. Usahakan agar menggunakan tepung terigu protein sedang dalam membuat adonan Bolu Gulung. Karena jenis makanan ringan ini tidak memerlukan gluten yang tinggi.
  2. Tekstur dari Bolu Gulung umumnya lembut dikarenakan penggunaan kuning telur ayam yang cukup banyak. Apabila Anda berniat untuk mengurangi takaran kuning telur ayam dalam proses pembuatannya, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan sedikit tepung maizena ke dalam adonan agar hasilnya tetap menjadi lembut.
  3. Ketika melelehkan mentega atau margarin, pastikan agar jangan sampai minyak dan airnya terpisah. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan Bolu Gulung menjadi cepat kering dan terkadang terdapat bagian-bagian yang mengendap atau menjadi bantat pada dasar kue.
  4. Untuk Bolu Gulung atau Rollcake yang dibuat dengan cara dikukus dan biasanya menggunakan penambahan bahan cair di dalam adonan, sebaiknya menggunakan susu cair atau santan agar mendapatkan kue yang lebih gurih.
  5. Pastikan agar rasa dari Bolu Gulung tidak terlalu manis supaya rasanya bisa berpadu apabila dioles dengan bahan olesan atau buttercream.
  6. Hindari mengocok adonan terlalu lama atau terlalu kaku. Hal ini bisa membuat pori-pori dari Bolu Gulung dan teksturnya menjadi kasar bila telah matang.
  7. Cetak Bolu Gulung dengan menggunakan loyang biasa, zig-zag, ataupun kombinasi keduanya dan disarankan agar menggunakan loyang yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Alasi juga loyang oven dengan kertas roti berlapis tipis margarin atau mentega supaya Bolu Gulung tidak lengket saat dikeluarkan dari dalam oven.
  8. Panggang adonan dengan suhu tinggi (sekitar 200 °C) dan dengan waktu yang relatif cepat agar kue tidak mengering. Jika ukuran kuenya tebal, atur dengan suhu 165-180 °C. Bila Ada, pergunakan api bawah dan atas agar Bolu Gulung matang dengan sempurna. Bila menggunakan oven biasa, letakkan loyang kue di rak tengah untuk awal memanggang, kemudian pindahkan ke bagian rak atas bila sudah akan matang dan matikan api supaya permukaan dari kue bisa kecoklatan tetapi tidak kering.
  9. Untuk Rollcake atau Bolu Gulung kukus, pergunakan api ukuran sedang saat mengukus agar kuenya tidak pecah (hal ini berlaku juga untuk membuat Brownies Kukus). Ingat untuk membungkus penutup kukusan dengan menggunakan kain supaya uap air tidak menetes pada permukaan kue.
  10. Anda bisa memodifikasi atau varasikan penampilan dari Bolu Gulung. Bisa diisi dengan potongan kue warna-warni yang disusun seindah mungkin. Bisa juga dengan membentuknya menjadi segitiga ataupun kotak.



Itu dia 10 Tips Membuat Bolu Gulung yang bisa Anda terapkan untuk membuat Rollcake atau Bolu Gulung. Jangan lupa untuk terus berkreasi dan berlatih dalam mengolah dan membuat resep makanan ringan yang menggoda ini. Semoga Tips Membuat Bolu Gulung ini bisa bermanfaat untuk Anda!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 18.00