Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Minggu, 02 Desember 2012

Resep Klepon Ubi Ungu Enak Legit

Bosan dengan Klepon yang biasa? Jika begitu, kali ini terdapat varian lain yang spesial yaitu Resep Klepon Ubi yang legit dan enak! Tidak menggunakan tepung ketan, tetapi berbahan dasar ubi ungu yang manis. Selain menyehatkan, kandungan gizi dari ubi ungu sangatlah baik untuk kesehatan, terutama kandungan antioksidannya yang tinggi. Balutan parutan kelapa dan gula merah cair yang ada di dalamnya, membuat Kue Klepon ini meleleh di dalam mulut. Jika Anda ingin membandingkannya dengan jenis yang original, Anda bisa membaca Cara Membuat Klepon pada postingan sebelumnya. Baik, sudah siap untuk menerima tantangannya? Ayo, segera kita persiapkan keperluan yang dibutuhkan dalam mengolahnya!


Resep Klepon Ubi ungu yang enak
Klepon Ubi Ungu

Bahan Resep Klepon Ubi


  • 1 ½ sendok teh garam
  • 100 gram tepung sagu
  • 250 gram gula merah, sisir halus (bisa ditambahkan 1 sendok makan biji wijen sangrai)
  • 500 gram ubi ungu, dikukus sampai matang, kemudian dihaluskan


Bahan Lapisan

  • ½  kelapa parut panjang
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili



Cara Membuat Klepon Ubi


  1. Pertama-tama, campur seluruh untuk membuat kulit Klepon (kecuali gula merah), lalu uleni hingga merata.
  2. Campur semua bahan-bahan membuat lapisan, kemudian kukus selama sekitar 15 menit.
  3. Bentuklah adonan kulit Klepon dengan bentuk bulat-bulat pipih, kemudian beri isian gula merah, kemudian bentuk bola hingga menutupi isian. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  4. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bola-bola Klepon di dalam rebusan air. Tunggu hingga mengapung di rebusan air, angkat, kemudian tiriskan.
  5. Gulingkan atau baluri dengan pelapis kelapa parut.
  6. Letakkan di atas wadah atau piring, sajikan.



Mudah sekali bukan dalam membuat dan mengolah Resep Klepon Ubi ini? Anda bisa menggunakan ubi jenis lain seperti ubi madu bila Anda menginginkannya. Rasanya yang manis, akan membuat lidah Anda ingin terus menyantapnya! Hidangkan makanan ringan ini bersama dengan orang-orang tersayang di sekitar Anda. Jangan lupa untuk menyantapnya dengan secangkir teh agar rasanya semakin mantap! Selamat menikmati dan selamat mencoba!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 08.46