Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Jumat, 30 November 2012

Resep Ongol-Ongol Singkong Legit

Masih suka dengan Kue Ongol-Ongol? Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Resep Ongol-Ongol Singkong yang legit dan enak! Tanpa bahan dasar tepung sagu atau tepung hunkwe, tetapi hanya menggunakan singkong yang sudah diparut lalu kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Cara membuatnya pun mudah dan bahan-bahannya tidak sulit untuk didapat. Tenang, membuat makanan ringan khas Indonesia ini tidak merogoh kocek yang terlalu dalam. Selain rasanya yang lezat, Ongol-Ongol Singkong ini juga aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi, baik anak-anak maupun orang dewasa sangat suka menyantapnya. Sudah siap menghadapi tantantan untuk mengolah resep ini? Ayo, segera kita persiapkan bahan-bahannya dan olah resepnya!

Resep Ongol-Ongol Singkong yang legit
Kue Ongol-Ongol Singkong

Bahan Resep Ongol-Ongol Singkong



  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 1 sendok teh garam
  • 300 gram gula pasir
  • 400 ml santan kental
  • 750 gram singkong, diparut
  • Vanili secukupnya
  • Pewarna makanan warna merah dan kuning
  • Kelapa parut (diparut panjang), garam, dan daun pandan secukupnya, dikukus sebentar (sebagai bahan taburan).



Cara Membuat Resep Ongol-Ongol Singkong




  1. Pertama-tama, campur seluruh bahan-bahan menjadi satu, kemudian aduk rata.
  2. Bagi menjadi dua adonan. Tiap-tiap adonan diberi satu pewarna makanan merah dan kuning.
  3. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak sayur atau bisa juga dengan diberi aluminium foil sebagai alasnya. Masukkan adonan kue yang telah diberi pewarna ke dalam loyang tersebut.
  4. Kukus lapis demi lapis hingga mengeras dan matang. Tiap lapis sekitar 10 menit, lalu pada lapisan terakhir kukus selama sekitar 15-20 menit hingga matang seluruhnya.
  5. Angkat, dinginkan sesaat, lalu potong-potong dengan sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Sajikan bersama dengan taburan kelapa parut.


Tips dan Trik Resep Ongol-Ongol Singkong



  1. Bila Anda menggunakan santan sebagai bahannya, rasanya akan lebih legit. Tetapi, bila Anda menggunakan jus nanas, rasanya akan terasa manis dan asem yang segar. Semuanya tergantung dengan selera Anda!
  2. Tunggu Ongol-Ongol sampai dingin, lalu potong dengan menggunakan pisau yang telah dilapisi dengan plastik pembungkus agar mudah untuk memotongnya.
  3. Untuk lapisan dan warnanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  4. Ingat, karena kue ini termasuk kue basah, jadi tidak bisa bertahan lama.


Bagaimana hasil jadi yang telah Anda buat? Ongol-Ongol Singkong sangat pas untuk disantap ketika sarapan atau camilan di sore hari ditemani dengan secangkir teh hangat manis. Nikmati bersama dengan keluarga dan sang buah hati tercinta supaya suasana semakin meriah dan hangat! Bila Anda ingin varian yang lainnya, silakan mencoba Resep Ongol-Ongol dari tepung sagu pada postingan sebelumnya. Selamat menikmati dan selamat berimajinasi dengan Resep Ongol-Ongol Singkong yang legit dan spesial ini!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 14.36