Aneka Resep Makanan Ringan, Tips dan Trik Memasak, Cara Membuat Makanan Ringan, dan Berbagai Info Menarik

Sabtu, 03 November 2012

Resep Kue Apem Kukus Enak Empuk

Ingin membuat sebuah makanan ringan dengan bahan yang sederhana tetapi tetap nikmat? Resep Kue Apem Kukus ini bisa menjadi pilihan Anda! Rasa kuenya yang khas serta empuk, membuat kue ini masih menjadi primadona para penjaja jajanan di pasar tradisional. Pada daerah Jakarta, Kue Apem biasanya juga disebut Kue Mangkuk. Nah, agar tidak bingung dan penasaran dengan rupanya, mari kita segera membuat dan mengolah resepnya!

Resep-Kue-Apem-Kukus
Kue Apem Kukus


Bahan Kue Apem Kukus



  • 1 sendok teh garam
  • 1 bungkus ragi instan 11 gram (bisa gunakan hanya 8 gram saja)
  • 100 gram tepung sagu atau tapioka
  • 100 gram kelapa parut, kukus kemudian diberi garam
  • 275 gram gula pasir
  • 400 ml santan (setara dengan 1 kaleng santan cair)
  • 500 ml air hangat
  • 500 gram tepung beras
  • Pewarna makanan merah dan hijau (sesuai dengan selera)


Cara Membuat Kue Apem Kukus


  1. Pertama-tama, cairkan ragi instan dengan menggunakan 30 ml air hangat dan ditambah dengan 1 sendok teh gula pasir.
  2. Campurkan santan dengan gula pasir kemudian didihkan hingga larut.
  3. Campur tepung tapioka, tepung beras, cairan ragi instan, dan air, kemudian uleni selama 10 menit. Tambahkan santan, lalu aduk hingga adonan merata.
  4. Istirahatkan atau diamkan adonan lebih kurang selama 1 jam hingga adonan mengembang menjadi dua kali dari adonan sebelumnya.
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian, kemudian beri hanya 1 warna pada tiap bagian (tanpa warna, warna merah, dan warna hijau). Tuang ke dalam mangkuk kecil, sambil panaskan steamer hingga airnya mendidih.
  6. Masukkan mangkuk yang telah berisi adonan ke dalam steamer, kemudian kukus lebih kurang selama 15 menit hingga matang.
  7. Angkat, sajikan dengan menggunakan kelapa parut.



Cukup mudah bukan dalam membuat Resep Kue Apem Kukus? Ketika digigit, rasanya seperti jelly (agak kenyal) dan permukaannya terlihat licin. Harganya memang tak seberapa ketika dijual oleh para penjual makanan tradisional di pasar. Tapi, makan kue dari usaha sendiri, tentu lebih bermakna bukan? Coba juga  Kue Putri Salju Pandan pada tulisan sebelumnya. Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan Kue Apem Kukus!
Resep Makanan Ringan, Updated at: 19.14